Cashback Mingguan Sportsbook 5%

Jangan Lewatkan Melihat Cahaya Indah di Langit Aceh Subuh Ini



Jika Anda bermukim di Aceh, maka jangan lewatkan kesempatan emas ini dengan menyaksikan keindahan cahaya yang dipantulkan dari bulan sabit tua, planet Venus, Mars dan Jupiter pada 8 November 2015 atau tepat pukul 4.43 WIB, dini hari.

Keempat benda langit tersebut, pada waktu tersebut nantinya akan berada pada posisi segaris.
"Peristiwa langka dan indah ini hanya bisa terlihat wilayah Indonesia bagian Barat saja. Khusus Aceh adalah daerah yang sangat cocok untuk pengamatan peristiwa ini, dikarenakan pada saat pukul 04.43 WIB, langit Timur Aceh masih sangat gelap," jelas Pembina Lembaga Kajian Ilmu Falak (LKIF) STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Tgk Ismail Is, Selasa (03/11/2015), lalu.

Dijelaskannya, jika disimulasikan dengan Sofware Stellarium, tepat pada pukul 04.43 WIB, Venus, Mars dan Jupiter terlihat berbentuk tiga titik cahaya yang tersusun dengan rapi, sedangkan bulan berbentuk sabit.

Posisinya, paling tinggi adalah planet Jupiter, di bawahnya planet Mars, di bawahnya lagi planet Venus dan yang paling bawah adalah bulan sabit tua.

"Dari data di atas dapat dipahami bahwa cahaya yang paling terang dari empat benda langit tersebut adalah bulan yang berbentuk sabit, kemudian planet Venus, lalu planet Jupiter dan yang paling redup adalah planet Mars," jelasnya.

Ditambahkanya, bila cuaca langit Aceh cerah pada saat itu, semua masyarakat bisa melihat dengan mata telanjang tanpa alat bantu dan bisa juga mendokumentasi peristiwa langka ini.
Untuk dokumentasi yang maksimal mesti harus ada teleskop sebagai alat bantu dalam mengambil gambar peristiwa ini.

Sumber :aceh.tribunnews.com

Entri yang Diunggulkan

Jahe Membasmi ovarium & Kanker Prostat Sel Lebih baik dari Kemo

Sesungguhnya di antara obat-obatan besar dunia, jahe telah lama digunakan untuk mengobati peradangan dan mual, namun hasil yang disaj...

Diberdayakan oleh Blogger.