Cashback Mingguan Sportsbook 5%

Mari Sejenak Baca & Silahkan Sebarkan ! Inilah Keutamaan Shalat Di Rumah Bagi Muslimah

Masjid merupakan tempat ibadah yang dimuliakan. Di tempat ini, kaum Muslimin bisa melakukan berbagai kegiatan ibadah termasuk shalat berjamaah. Namun bagi wanita, shalat dirumahnya memiliki kelebihan sebagaimana melakukan shalat di masjid. Imam Asy-Syaukani menerangkan dalam Nailul Authar, shalat mereka dirumah-rumah  mereka lebih baik bagi mereka dari pada shalat mereka shalat di masjid-masjid, seandainya mereka mengetahui yang demikian.




Didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Ummu Humaid r.a., istri Abu Humaid As-Sa'idi r.a. bahwa dia telah datang kepada Rasulullah Saw. dan berkata, "Wahai Rasulullah, sungguh saya senang shalat bersamamu." Rasulullah Saw. berkata, "Aku sudah tahu itu dan shalatmu di bagian dalam rumah mu lebih baik bagimu dari shalat dikamar depan. Shalatmu di kamar depan lebih baik bagimu dari shalat dikediaman keluarga besarmu. Shalatmu di kediaman keluarga besarmu lebih baik bagimu dari shalat di masjid kaummu, dan shalatmu dimasjid kaummu lebih baik dari shalat di masjidku." Maka, Ummu Humaid memerintahkan agar dibangunkan masjid di bagian rumahnya yang paling dalam dan paling gelap dan dia shalat di situ sampai bertemu Allah (HR Ahmad).

Sementara dalam Al-Quran diterangkan, dan hendaklah kalian tetap tinggal di rumah-rumah kalian dan janganlah kalian berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliah yang dahulu. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai ahlulbait, dan membersihkan kaum sebersih-bersihnya (QS Al-Ahzab [33]: 33).

Menurut Ibnu Katsir dalam tafsir Al-Quran 'Al-Adzim, makna ayat diatas, tetaplah dirumah-rumah kalian dan janganlah keluar tanpa ada kebutuhan. Termasuk kebutuhan syar'i yang membolehkan wanita keluar rumah adalah untuk shalat di masjid dengan syarat-syarat tertentu.

Entri yang Diunggulkan

Jahe Membasmi ovarium & Kanker Prostat Sel Lebih baik dari Kemo

Sesungguhnya di antara obat-obatan besar dunia, jahe telah lama digunakan untuk mengobati peradangan dan mual, namun hasil yang disaj...

Diberdayakan oleh Blogger.